Sejarah Offroad dan Jenis Kendaraan yang Sering Digunakan

Sejarah Offroad

Sejarah offroad saat ini mungkin sudah tidak banyak yang mengetahuinya. Padahal awalnya, offroad digunakan untuk keperluan militer dan logistik. Akan tetapi seiring waktu, olahraga ini berkembang menjadi hobi yang populer di kalangan masyarakat umum. 

Sebenarnya untuk awal mula sebelum mengetahui sejarahnya aktivitas ini justru sudah dapat ditebak. Ini merupakan sebuah kegiatan menggunakan kendaraan khusus untuk di luar jalan raya ini sangat seru dan menantang.

Sejarah Offroad
pexels.com

Sejarah Offroad yang Awalnya dari Militer

Kegiatan offroad cocok untuk mereka yang gemar dengan keseruan dan tantangan alias menguji adrenalin. Seperti yang kita tahu jika tidak semua orang gemar dengan liburan penuh tantangan. Biasanya liburan ke tempat wisata hanya untuk jalan-jalan dan menikmati indahnya alam saja. Namun lain halnya dengan wisata offroad.

Offroad menjadi salah satu jenis olahraga yang masuk dalam kategori ekstrim. Meski demikian justru banyak yang tertantang untuk menikmatinya. Karena alasan inilah mengapa banyak tempat wisata yang kemudian memiliki fasilitas offroad dalam paket liburannya. Lantas apa sebenarnya sejarah dibalik kegiatan ini? Kami akan bahas selengkapnya berikut ini:

Berawal dari Kendaraan Militer

Awal mula offroad dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19 silam, ketika kendaraan bermotor pertama kali mulai digunakan. Pada awalnya, kendaraan-kendaraan ini belum dilengkapi dengan teknologi yang memadai untuk berkendara di luar jalan raya. Namun, seiring perkembangan teknologi yang kian canggih, kendaraan-kendaraan untuk aktivitas offroad ini mulai lengkap dengan beragam fitur yang membuat mereka lebih tangguh untuk menghadapi medan yang berlumpur nan sulit.

Baca juga :

Sejarah Offroad dan Jenis Kendaraan
Manfaat Offroad Untuk Tubuh
Mengungkap Keindahan Offroad di Bandung
Paket Offroad Ciwidey Bandung
Rekomendasi Tempat Wisata Offroad
Tantang Adrenalin denganOffroad Cikole
Offroad Lembang Wisata Outdoor
Offroad Bandung Rekomendasi Liburan
Paket Offroad Bogor
Paket Offroad pangalengan
Offroad Pangalengan Pacu Adrenalin

Kendaraan-kendaraan offroad digunakan oleh militer untuk keperluan transportasi dan logistik. Kendaraan-kendaraan ini dirancang untuk dapat melewati medan yang sulit, seperti hutan, pegunungan, dan gurun. Namun offroad mulai berkembang menjadi hobi yang populer di kalangan masyarakat umum hingga saat ini.

Offroad di Indonesia

Di Indonesia, sejarah offroad mulai berkembang pada tahun 1980-an. Awalnya, offroad hanya dilakukan oleh sekelompok orang yang hobi berpetualang di alam. Namun, seiring waktu, offroad mulai menjadi hobi yang populer di kalangan masyarakat umum.

Pada tahun 1999, didirikanlah Indonesian Offroad Federation (IOF). IOF menjadi organisasi yang menaungi kegiatan offroad di Indonesia. Saat ini, offroad menjadi salah satu olahraga otomotif yang paling populer di Indonesia. Terdapat berbagai macam klub offroad di seluruh Indonesia, yang rutin mengadakan kegiatan tersebut, baik untuk rekreasi maupun kompetisi.

Jenis-jenis Offroad

Offroad dapat dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan, medan yang dilalui, dan tujuannya. Berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan, offroad dapat dibagi menjadi dua jenis.

Jenis pertama yaitu offroad ringan yaitu menggunakan kendaraan 4×4 ringan, seperti SUV dan pick-up. Offroad ringan biasanya dilakukan di medan yang relatif mudah, seperti jalan tanah, bebatuan, dan lumpur. Adapun karakteristiknya yaitu kendaraan digunakan relatif ringan dan mudah dikendalikan.

Medan yang dilalui relatif mudah, sehingga tidak membutuhkan keterampilan khusus yang tinggi. Tujuannya biasanya untuk rekreasi dan bersenang-senang. Offroad ringan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pemula yang ingin mencoba olahraga tersebut. Selain itu, juga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menikmati alam dengan cara berbeda.

Sedangkan untuk offroad berat Offroad yaitu jenis offroad yang menggunakan kendaraan 4×4 berat, seperti truk dan buggy. Offroad berat biasanya dilakukan di medan yang sangat sulit, seperti gurun, bukit, dan sungai. Kegiatan ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki keterampilan offroad tinggi. Menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin melakukan petualangan menantang.

Jenis Kendaraan Offroad

Kendaraan offroad adalah kendaraan yang dirancang untuk dapat melewati medan yang sulit. Bahkan dari sejarah offroad kendaraan tersebut khusus digunakan karena dilengkapi dengan beberapa fitur lengkap. Berdasarkan jenisnya, kendaraan offroad dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Jeep adalah salah satu jenis kendaraan offroad yang paling populer. Jeep biasanya memiliki desain yang kompak dan tangguh, sehingga cocok untuk berbagai medan offroad.
  • SUV masuk dalam jenis kendaraan yang menggabungkan antara kendaraan penumpang dan kendaraan offroad. SUV biasanya memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil penumpang biasa, sehingga cocok untuk medan offroad ringan.
  • Pick-up kendaraan yang memiliki bak terbuka di belakang. Pick-up biasanya memiliki ground clearance yang tinggi dan mesin yang tangguh, sehingga cocok untuk medan offroad berat.
  • Buggy masuk dalam jenis kendaraan offroad yang ringan dan lincah. Buggy biasanya digunakan untuk kompetisi offroad atau petualangan di medan yang sulit.

Global Adventure Indonesia sebagai salah satu agen yang dapat membantu kegiatan  offroad terlaksana dengan lancar. bahkan menyediakan berbagai paket wisata ekstrim lainnya. Menawarkan berbagai fasilitas lengkap dengan haag terbaik. Melihat sejarah offroad yang cukup menarik, tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan yang satu ini. Kunjungi agen atau penyedia layanan paket wisata offroad terbaik dengan berbagai jenis kendaraan dengan performa tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *