Manfaat Offroad untuk Tubuh dan Jenis-Jenisnya

Manfaat Offroad

Selain sebagai hobi, ternyata banyak manfaat offroad yang bisa didapatkan oleh para pecinta kegiatan beragam penuh tantangan yang satu ini. Kegiatan ini dapat dapat dikatakan sebagai wisata yang memadukan olahraga ekstrem dengan berbagai kegiatan yang tentunya seru dan menantang.

Manfaat dari kegiatan ini sangatlah beragam, mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan juga bervariasi. Semakin banyaknya peminat olahraga offroad, maka semakin banyak pula komunitas yang dibentuk oleh pecinta offroad itu sendiri.

Manfaat Offroad
pixabay.com

Manfaat Offroad dan Berbagai Contoh Kegiatannya

Offroad adalah salah satu jenis olahraga dengan kendaraan yang dapat dikategorikan sebagai olahraga ekstrem. Meski tergolong ekstrem, tetapi kegiatan ini memiliki banyak peminat, terutama oleh para pecinta otomotif Indonesia.

Banyak pula manfaat yang bisa didapatkan setelah melakukannya. Bukan hanya sekedar mengisi hobi atau ingin memacu adrenalin saja.

Meski begitu, untuk bisa melewati rintangan dalam olahraga adrenalin ini diperlukan kondisi fisik yang baik dan prima. Begitu pula dengan kendaraan yang digunakan selama melewati rintangan.

Baca juga :

Sejarah Offroad dan Jenis Kendaraan
Manfaat Offroad Untuk Tubuh
Mengungkap Keindahan Offroad di Bandung
Paket Offroad Ciwidey Bandung
Rekomendasi Tempat Wisata Offroad
Tantang Adrenalin denganOffroad Cikole
Offroad Lembang Wisata Outdoor
Offroad Bandung Rekomendasi Liburan
Paket Offroad Bogor
Paket Offroad pangalengan
Offroad Pangalengan Pacu Adrenalin

Adapun beberapa manfaat dari olahraga adrenalin ini untuk tubuh adalah sebagai berikut:

Melatih Bagian-bagian Tubuh

Olahraga offroad, seperti bersepeda, merupakan jenis olahraga kardiovaskular terbaik yang sangat populer. Offroad dapat memberikan manfaat untuk melatih sistem peredaran darah sehingga lebih lancar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Selain itu, bersepeda juga dapat membantu dalam pembentukan otot-otot tubuh lebih efektif, terutama otot tubuh bagian bawah. Apalagi jika melalui medan offroad yang bervariasi, maka semakin banyak otot tubuh yang terlatih karena posisi tubuh yang berubah-ubah mengikuti medan tersebut.

Meningkatkan Denyut Jantung

Karena pada dasarnya offroad merupakan olahraga yang melatih adrenalin. Perlu diketahui ketika mengendarai motor untuk bepergian sehari-hari, maka denyut jantung akan berdetak 130 kali per menit. Nah, ketika offroad, denyut jantung akan bertambah menjadi 150 kali per menitnya. Oleh karena itu, melakukan olahraga ini dapat membantu untuk meningkatkan denyut jantung sehingga lebih efektif memompa darah ke seluruh tubuh.

Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat offroad juga dapat membantu untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hal ini karena kegiatan atau olahraga offroad dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Sebagai Latihan Sistem Koordinasi Tubuh

Selain sistem kardiovaskular dan otot, offroad juga memberikan manfaat untuk melatih sistem koordinasi tubuh. Banyaknya situasi di medan offroad akan menuntut refleks dan keseimbangan kendali seseorang, khususnya ketika melalui medan yang berlumpur dan juga berbatu. Manfaat ini tentu tidak bisa diperoleh ketika menggunakan kendaraan di jalanan biasa.

Meningkatkan Kekuatan dan Stamina

Offroad juga bagus untuk meningkatkan kekuatan tubuh serta daya tahan staminanya. Sebab, berkendara di medan offroad yang berbeda-beda memerlukan gerak tubuh yang ekstra dan terus menerus. Ketika tubuh banyak bergerak dan mengeluarkan keringat, maka kekuatan dan daya tahannya lebih terjaga.

Menstimulasi Otak dan Keseimbangan

Selain bagus untuk kesehatan tubuh dan otot-ototnya, offroad juga bagus untuk menstimulasi otak. Hal ini karena ketika berkendara fungsi kognitif pada otak akan lebih meningkat. Olahraga ini juga membantu meningkatkan keseimbangan tubuh.

Meningkatkan Sosialisasi

Banyaknya pilihan olahraga offroad dan anggota yang melakukannya, maka ini membantu meningkatkan sosialisasi dalam diri. Anda tidak akan mudah merasa bosan dan juga merasa lebih fresh ketika bertemu dengan banyak orang dan saling berbagi pengalaman. Pemandangan yang alami dan berbeda juga akan menjadi sebuah sarana rekreatif yang pas untuk tubuh.

Latihan Intensitas Tinggi

Ketika offroad menggunakan sepeda, maka tubuh tidak akan mengayuhnya dengan kecepatan stabil. Hal ini karena mengikuti alur atau medan offroad itu sendiri. Ada saatnya kayuhan harus ekstra dan ada pula saatnya kayuhan harus melambat. Variasi kayuhan ini melatih tubuh untuk berintensitas tinggi sehingga meningkatkan ritme jantung dan mengejutkan otot tertentu dalam tubuh.

Jenis-Jenis Permainan Offroad

Adapun beberapa jenis permainan offroad yang banyak mendatangkan manfaat untuk tubuh adalah sebagai berikut:

Dune Bashing

Dune Bashing atau safari gunung adalah jenis olahraga offroad yang pertama. Biasanya, olahraga ini menggunakan kendaraan yang mumpuni dan mampu untuk melintasi medan jalanan berpasir, seperti gurun atau perbukitan.

Raid

Biasanya olahraga offroad ini berjalan pada sebuah kawasan atau tempat yang tak berpenghuni atau sepi. Untuk menjalani olahraga ini dengan lancar maka kendaraan harus menjalani modifikasi sehingga dapat menampung bahan bakar lebih banyak serta dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang perlengkapan.

Green Laning

Jenis ini memiliki tingkat ekstrem yang lebih rendah ketimbang olahraga lainnya. Kendaraan roda empat untuk menjalaninya harus menjalani sejumlah modifikasi terlebih dahulu agar lebih mudah melintasi medan green laning. Contoh rute untuk green laning adalah hutan, pedesaan, dan jalan-jalan yang tidak rusak parah.

Itulah beberapa manfaat offroad lengkap dengan jenis permainan yang mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Meski terbilang ekstrim dan menegangkan, tetapi offroad bisa mendatangkan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *