Tempat Camping Pangalengan dengan Pesona Alam Menakjubkan

Camping Pangalengan

Tempat camping Pangalengan merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer. Menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan beragam fasilitas memadai.

Camping Pangalengan adalah solusi tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Bahkan, menjadi aktivitas di luar ruangan yang menyenangkan untuk melepas penat setelah sibuk bekerja.

Camping Pangalengan
unsplash.com

Tempat Camping Pangalengan yang Populer

Ada banyak tempat camping yang bisa wisatawan kunjungi. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul merupakan tempat camping Pangalengan yang menawarkan keindahan matahari terbit. Tak sedikit penggiat fotografi berkemah di Sunrise Point Cukul untuk berburu foto pemandangan indah di pagi hari.

Saat camping di tempat ini, wisatawan tidak hanya mendapatkan area kemah yang luas dan aman saja. Namun, juga memperoleh paket makan hingga akomodasi tenda.

Dari jalan utama, Sunrise Point Cukul hanya berjarak sekitar 150 meter. Sedangkan dari tempat parkir, wisatawan hanya perlu berjalan kurang lebih 100 meter.

Letak tempat camping ini berada di kawasan perkebunan teh PTPN VIII. Sembari menikmati keindahan hamparan kebun teh yang hijau, wisatawan juga bisa melihat aktivitas para petani lokal saat memetik teh.

2. Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan adalah tempat camping yang buka selama 24 jam. Wisatawan bisa berkunjung kapan saja, baik pagi, siang, sore, ataupun malam.

Tempat camping di Pangalengan ini berlokasi di Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung Regency, Jawa Barat. Akses jalan menuju Taman Langit Pangalengan cukup mudah, bisa dengan mengendarai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, hingga bus pariwisata.

Pemandangan yang ditawarkan adalah rimbunnya hutan pinus. Suasananya sejuk dan dingin, sehingga siapa saja betah selama camping di Taman Langit Pangalengan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit maupun tenggelam. Namun, untuk melihat matahari terbit pastikan bangun lebih pagi.

3. Gunung Artapela

Tempat camping yang tak kalah menarik untuk wisatawan kunjungi, yakni Gunung Artapela. Gunung ini terletak di perbatasan antara Kecamatan Kertasari dan Kecamatan Pangalengan.

Gunung Artapela memiliki ketinggian kurang lebih 2.194 mdpl. Memiliki hamparan perbukitan yang luas dan hijau, sehingga cocok untuk tempat camping bersama teman atau sahabat.

Jangan khawatir, medan jalan untuk mencapai ke pegunungan tersebut cukup mudah, sehingga cocok untuk pendaki pemula. Meski begitu, pastikan membawa perbekalan yang cukup, seperti pakaian ganti, makanan, obat-obatan, hingga perlengkapan lainnya.

Bagi siapa saja yang ingin camping di Gunung Artapela, wajib mempersiapkan kondisi fisik sebaik mungkin. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh tetap fit dan tak mudah lelah selama pendakian hingga selesai kemah.

4. Wayang Windu Panenjoan

Wayang Windu Panenjoan merupakan tempat camping Pangalengan yang terletak di kawasan dataran tinggi. Lebih tepatnya berada di kawasan kebun teh Banjarsari, Pangalengan, Bandung.

Wayang Windu Panenjoan tidak hanya menawarkan hamparan kebun teh yang hijau dan asri saja. Udaranya pun terasa sejuk, dingin, dan segar.

Menariknya lagi, Wayang Windu Panenjoan juga memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang indah. Banyak spot-spot foto cantik yang bisa dijadikan latar belakang untuk mengabadikan setiap momen. Seperti halnya jembatan yang terbuat dari kayu dengan pemandangan langsung kebun teh.

5. Saung Awi

Siapa yang tidak tahu Saung Awi? Saung Awi merupakan tempat camping populer yang terletak di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tempat camping yang berlokasi di kawasan Kampung Singkur ini, tak jauh dengan Soreang. Hanya berjarak kurang lebih 33 km saja.

Saung Awi memiliki pemandangan yang menakjubkan, yakni perpaduan bukit, kebun, hutan pinus, dan sungai. Perpaduan pemandangan alam ini sangat cocok untuk tempat camping bersama keluarga.

Bagi wisatawan yang tidak ingin camping, tetapi tertarik untuk menikmati pemandangan Saung Awi, bisa menyewa pondok. Ada banyak pilihan pondok yang menghadap sungai. Wisatawan bisa menikmati secangkir teh hangat sembari menikmati indahnya pemandangan hutan pinus dan sungai.

6. Hutan Pinus Rahong

Satu lagi tempat camping Pangalengan yang mengesankan, yakni Hutan Pinus Rahong. Pemandangan hutan pinusnya yang tampak asri, berpadu dengan udara sejuk dan tenang. Hal ini membuat siapa saja merasa betah berlama-lama.

Hutan Pinus Rahong memiliki area camping yang luas dengan fasilitas lengkap. Salah satu spot yang paling banyak diincar adalah area glamping Pineus Tilu Campground. Area ini menyuguhkan pemandangan langsung ke hutan pinus dan sungai. Meski tidak jauh dengan sungai, Hutan Pinus Rahong terbilang aman, sehingga para wisatawan yang berkunjung tak perlu khawatir.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat camping Pangalengan yang bisa dipertimbangkan. Sebelum memutuskan untuk berangkat camping, pastikan memilih salah satu tempat-tempat tersebut dengan cermat. Tujuannya, supaya tempat camping yang dikunjungi sesuai dengan preferensi. Jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun, tata tertib, dan kebersihan demi keselamatan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *