6 Kebun Teh Pangalengan yang Menjadi Tempat Wisata Keluarga

Kebun Teh Pangalengan

Kebun Teh Pangalengan menjadi salah satu tujuan wisata yang saat ini sedang hits. Pangalengan merupakan salah satu kawasan perkebunan teh yang letaknya di Bandung, Jawa Barat. Di sana tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang membentang berwarna hijau saja, melainkan juga mempunyai sejumlah wisata kebun teh.

Kebun Teh Pangalengan
id.pinterest.com

Rekomendasi Kebun Teh Pangalengan

Pangalengan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung. Wilayahnya merupakan dataran tinggi. Kendati demikian, tidak perlu heran bila wilayah tersebut populer menjadi daerah perkebunan, khususnya untuk perkebunan teh. Terdapat kebun teh yang berbagai macam untuk menjadi objek wisata. Untuk itu, berikut ini wisata Kebun Teh di daerah Pangalengan yang menarik untuk menjadi destinasi wisata liburan akhir pekan.

Kebun Teh Kertamanah

Rekomendasi Kebun Teh Pangalengan yang pertama yaitu Kebun Teh Kertamanah. Kebun teh tersebut beralamatkan di Jl. Raya Perkebunan Kertamanah, Margamukti, Pangalengan, Bandung. Nantinya jika akan masuk ke lokasi perkebunan tersebut, akan dikenakan biaya sebanyak Rp20.000.

Di sana tidak hanya bisa menikmati pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata, melainkan pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas yang sudah tersedia. Adapun fasilitasnya seperti waterpark serta flying fox.

Tidak berhenti di situ saja, pengunjung juga bisa melihat tempat untuk penangkaran rusa. Bahkan jika ingin memberinya makan, maka bisa berkunjung sebelum jam 12 siang. Hal seru lainnya, pengunjung juga bisa pergi ke lokasi yang dulunya menjadi tempat shooting film Pengabdi Setan.

Kebun Teh Malabar

Pengelola kebun teh ini awalnya seorang yang berkebangsaan Belanda bernama Albert Rudolf Bosscha. Adapun letak kebun teh ini berada di Desa Banjarsari, Pangalengan, Bandung. Luas dari kebun teh ini sekitar 2.022 hektar.

Untuk bisa masuk menikmati keindahan hamparan kebun teh hanya dikenakan membayar biaya parkir sebesar Rp2.000. Di sana pengunjung bisa berfoto dengan menikmati tea walk.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat mengunjungi rumah serta makam dari Bosscha yang mempunyai harga tiket Rp5.000. Bisa juga melakukan wisata edukasi ke bagian pabrik teh Malabar. Jika ingin masuk ke area pabrik, maka dikenakan biaya sebesar Rp15.000.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, di sana sudah tersedia villa yang bernama Villa Bosscha. Rata-rata harga per kamarnya sekitar Rp750 ribuan sampai Rp1 jutaan. Terdapat guest house yang memiliki harga lebih ringan sekitar Rp450-500 ribuan untuk per malamnya.

Kebun Teh Riung Gunung

Kebun Teh Riung Gunung menjadi salah satu rekomendasi Kebun Teh Pangalengan yang bisa menjadi tujuan wisata. Letak kebun teh ini berada di Riung Gunung, Pulosari, Pangalengan, Bandung.

Di sana terdapat jembatan kayu atau sering disebut juga dengan skywalk. Jembatan tersebut digunakan untuk menjadi spot foto yang bagus. Bahkan pengunjung juga bisa bersantai dengan menikmati pemandangan kebun teh dari atas hammock yang telah tersedia.

Untuk harga tiketnya Rp10.000 saja. Sementara untuk pengunjung yang ingin camping, maka akan dikenakan tarif per orangnya Rp25.000. Jika akan camping juga dimudahkan dengan adanya jasa sewa tenda yang tersedia dengan harga sekitar Rp200-400 ribu.

Wayang Windu Panenjoan

Di kebun teh ini tidak hanya dapat melihat hamparan kebun teh yang luas, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari akan tenggelam juga.

Terlebih bagi pengunjung yang mempunyai hobi bersepeda, maka tracking memakai sepeda untuk menyusuri kebun teh bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara untuk pengunjung yang ingin bersantai, disana juga tersedia gazebo yang mempunyai biaya sewa Rp20-30 ribuan untuk per 2 jamnya.

Letak wisata Wayang Windu Panenjoan berada di Banjarsari, Pangalengan, Bandung. Jika pengunjung ke sana, maka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10,000.

Sunrise Point Cukul

Rekomendasi Kebun Teh Pangalengan berikutnya berada di Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung. Wisata kebun teh ini berada di ketinggian 1600 mdpl, maka membuat pengunjung dapat melihat indahnya matahari akan terbit.

Sejumlah aktivitas seru bisa dilakukan di sana. Mulai dari hunting foto, menjelajahi kebun teh, sampai camping juga tersedia. Hal menarik lainnya, pengunjung dapat melihat milky way atau galaksi Bima Sakti yang begitu indah ketika malam menyapa. Harga tiket di wisata Sunrise Point Cukul tidak mahal sekitar Rp10.000-an saja.

Pesona Padaawas

Tempat wisata ini mempunyai jembatan kayu untuk menyusuri kebun teh yang luas. Terdapat pula gardu pandang yang bisa digunakan untuk menikmati suasana sekitarnya. Berada di dekat jembatan terdapat pula saung serta tempat makan. Tersedia pula area berkemah, outbond, sampai rafting.

Lokasi wisata Pesona Padaawas terletak di Margamulya, Pangalengan, Bandung. Di sana buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Jika berkunjung, maka untuk tempat parkirnya bisa di sepanjang area wisata. Biayanya terbilang murah. Bagi pengguna sepeda motor akan dikenakan parkir Rp5.000 dan untuk pengguna mobil akan dikenakan biaya parkir Rp10.000. Sementara untuk harga tiketnya Rp10.000 per orang.

Pilihan Wisata Kebun Teh yang Tepat

Jika ingin mengisi liburan dengan berwisata ke Kebun Teh Pangalengan, maka bisa memilih tempat wisata kebun teh yang menyediakan banyak aktivitas seru. Untuk mempermudah berlibur ke sana, maka bisa menggunakan EO Bandung yaitu Global Trip Adventure. Liburan bersama keluarga atau teman-teman akan terjamin seru serta hemat biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *