Arung Jeram Pangalengan, Rafting dengan Beragam Tantangan

Arung Jeram Pangalengan

Arung jeram Pangalengan adalah olahraga kompetitif yang bertujuan untuk berlayar dengan menggunakan rakit atau perahu karet. Olahraga ini masuk ke kategori olahraga ekstrem yang menantang dan penuh resiko. Arung jeram juga merupakan olahraga yang sangat populer di berbagai negara.

Bagi wisatawan yang mencari pengalaman adrenalin, berpartisipasi dalam arung jeram selama liburan menjadi kegiatan yang sangat menarik. Salah satu destinasi arung jeram yang menarik adalah arung jeram Cileunca Pangalengan, yang terletak di wilayah selatan Bandung.

Sejalan dengan namanya, rafting Cileunca Pangalengan dapat ditemukan di Situ Cileunca, Pangalengan. Berbeda dengan destinasi arung jeram lainnya, rafting Cileunca Pangalengan memberikan kesempatan untuk menikmati pengalaman yang tidak biasa dan anti mainstream.

Arung Jeram Pangalengan
unsplash.com

Beberapa Keunggulan Arung Jeram Pangalengan

Di antara berbagai layanan dan lokasi arung jeram di Jawa Barat, kegiatan ini termasuk yang paling populer dan diminati oleh banyak orang karena memiliki beberapa keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulannya:

Jeram dengan Tingkat Kesulitan yang Beragam

Arung jeram Pangalengan mengajak peserta untuk menjelajahi Situ Cileunca dan berlanjut ke Sungai Palayangan. Dalam durasi 90 menit, peserta akan melewati sungai sejauh 5 km dengan berbagai tingkat kesulitan jeram, yang hanya dapat ditemui di Pangalengan. Terdapat tujuh jeram Grade III dan 11 jeram Grade II yang harus diatasi selama perjalanan menyusuri sungai.

Jeram tersebut dibagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah drop, jeram yang terbentuk akibat penurunan dasar sungai seperti tangga atau undakan yang menurun. Jenis ini dapat ditemui di jeram domba I dan domba II.

Jenis kedua sedikit lebih ekstrem, yaitu double drop. Jeram ini terbentuk oleh arus sungai yang melewati batuan besar, mirip dengan air terjun bertingkat, dan dapat ditemui di jeram kacapi.

Jenis terakhir adalah turbulence. Ini yang paling menantang. Turbulence adalah gelombang berpusar di bawah permukaan air yang menantang dan dapat ditemui di jeram selamat datang dan jeram blender.

Ketika jeram tersebut dapat dilalui oleh pemula ataupun untuk kalian yang sudah memiliki pengalaman. Disana juga ada guide profesional, jadi tidak perlu khawatir untuk masalah keamanan saat melakukan kegiatan arung jeram Pangalengan, asalkan wisatawan tetap mematuhi instruksi dari guide.

Aliran Sungai yang Aman

Sumber air Sungai Palayangan berasal dari Situ Cileunca, danau buatan. Karena asalnya dari danau hasil bendungan, maka aliran air Sungai Palayangan ini cenderung stabil sepanjang tahun, dengan debit air berkisar antara 1-2,5 meter kubik per detik. Sungai Palayangan juga tidak rentan terhadap banjir, memungkinkan peserta untuk menikmati arung jeram sepanjang musim hujan maupun kemarau.

Selain itu, Sungai Palayangan tidak terlalu lebar, memudahkan tim penyelamat untuk berjaga di sekitar jeram-jeram tertentu. Keberadaan rescue darat sangat penting selama kegiatan arung jeram untuk memberikan pertolongan dengan cepat dalam situasi darurat.

Rescue darat menjadi kebutuhan saat wisatawan berarung jeram. Sebab rescue darat dapat dengan cepat melakukan pertolongan ketika terjadi kecelakan di area jeram.

Lokasi di Tempat Wisata Terpopuler di Pangalengan

Situ Cileunca adalah destinasi wisata yang terkenal di Pangalengan, dan menghabiskan waktu di tepi danau dapat memberikan pengalaman yang menyegarkan. Namun, untuk para pencari petualangan yang aktif, rafting Cileunca Pangalengan menyajikan pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk tipe wisatawan traveler yang cukup menikmati pemandangan alam saja, tentu tidak akan masalah jika berada di tepi danau saja. Wisatawan dapat menikmati angin sepoi-sepoi sembari memandang indahnya Situ Cileunca yang memiliki pemandangan mempesona.

Akses Mudah Dicapai

Lokasi menuju Situ Cileunca, Pangalengan untuk kegiatan arung jeram Pangalengan dari Jakarta cukup mudah melalui jalan yang besar dan terawat. Rute melibatkan perjalanan ke Kota Bandung melalui Tol Purbaleunyi. 

Keluar melalui gerbang Tol Moh. Toha atau Buahbatu, dan melalui beberapa kota kecamatan seperti Dayeuh Kolot, Baleendah, Pameungpeuk, dan Banjaran. Setelah melewati Banjaran, menuju Pangalengan dengan berbelok ke kiri di daerah Kamasan. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan melalui pegunungan dan perbukitan menuju Situ Cileunca.

Pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima untuk dapat menempuh perjalanan menuju Situ Cileunca. Dan tidak usah khawatir nyasar, karena banyak petunjuk jalan yang bisa diikuti.

Lanskap Alam yang Memukau

Berlokasi di dataran tinggi dengan ketinggian 1.550 mdpl, Sungai Palayangan menawarkan pemandangan eksotis dari tiga kawasan wisata terbaik di Pangalengan. Mulai dari Situ Cileunca, Hutan Pinus Rahong yang rindang, hingga Perkebunan Teh Malabar yang hijau membentang. Keindahan lanskap ini memberikan pengalaman seperti berada dalam negeri dongeng.

Airnya yang jernih, udara yang bersih, dan nuansanya sejuk. Banyak pepohonan di sekitar yang pastinya akan membuat liburan kalian makin berkesan. Paket yang ditawarkan untuk wisata kesana juga bervariatif. Dan tidak lupa, biaya yang ditawarkan juga relatif terjangkau.

Bagi wisatawan yang tertarik, arung jeram Pangalengan dapat diakses melalui operator perjalanan Global Trip Adventure. Mereka menawarkan paket dengan biaya yang terjangkau, bahkan dapat dipadukan dengan berbagai kegiatan lain seperti flying fox, paintball, offroad, camping, dan paket team building lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *