Mengenal Oleh-Oleh Tahu Susu Lembang, Kuliner Unik Legendaris

Tahu Susu Lembang

Saat berkunjung ke Lembang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Salah satu pilihan yang populer dari Lembang adalah Tahu Susu. Ayo, mari mencoba Tahu Susu Lembang!

Berbagai macam olahan khas suatu daerah yang menarik dan wajib dibawa menjadi oleh-oleh. Apalagi, kuliner tahu susu mungkin belum begitu familiar bagi beberapa orang.

Untuk kamu yang penasaran apa itu tahu susu? Maka dapat menyimak ulasannya berikut ini.

Tahu Susu Lembang
infobdg.com

Tahu Susu Lembang, Tahu Goreng dengan Kelembutan dan Kepadatan Unik

Olahan tahu goreng seringkali dikaitkan dengan keistimewaan tahu khas Sumedang. Meskipun begitu, Lembang juga membanggakan variasi tahu gorengnya yang menjadi pilihan oleh-oleh populer.

Proses pembuatan Tahu Susu Lembang (TSL) melibatkan bahan-bahan berkualitas tinggi, terutama kacang kedelai yang dicampur dengan susu sapi murni. Hasilnya adalah tahu susu dengan cita rasa gurih, tekstur lembut, dan isian yang padat.

Komposisi adonan tahu ini mencakup perbandingan tiga belas kilogram kedelai dan empat liter susu murni. Dengan takaran yang cermat seperti itu, pabrik pembuatan TSL menghasilkan jumlah yang bervariasi, mulai dari 5.000 butir (pada hari-hari biasa) hingga 20.000 butir (saat musim ramai).

Sejarah Tahu Susu

Perjalanan panjang Tahu Susu dimulai di kota Lembang, Bandung, pada tahun 2008. Pada saat itu, seorang pengusaha yang memiliki factory outlet dan rumah makan di kota Bandung bernama Perry Tristianto merasa tertarik untuk mengembangkan makanan berbahan dasar tahu.

Perry berpendapat bahwa meskipun makanan tahu dapat ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia, namun rasa yang ditawarkan cenderung monoton.

Maka dari itu, Perry merancang sebuah strategi untuk membawa inovasi dengan menciptakan varian makanan tahu menggunakan resep yang berbeda dari tahu konvensional.

Langkah awal yang diambil oleh Perry adalah mengeksplorasi berbagai kombinasi tahu dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar tempat tinggalnya.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan seleksi, Perry akhirnya memutuskan untuk menggunakan susu sapi sebagai bahan campuran utama dalam menciptakan makanan tahu unik ini.

Melalui serangkaian uji coba yang dilakukan, akhirnya pada tanggal 22 Desember 2008, usaha tahu susu pun resmi didirikan sebagai hasil dari upaya dan dedikasi Perry.

Produk Oleh-Oleh Khas Lembang

Kelezatan yang istimewa dari Tahu Susu Lembang telah menarik perhatian pelanggan sejak pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2008. Tak heran jika tahu susu ini telah menjadi produk oleh-oleh yang terkenal di kalangan pelancong maupun penduduk asli Bandung.

Menu andalan terdiri dari dua jenis tahu goreng, yaitu Tahu Susu dan Tahu Mentega. Seperti Tahu Susu, Tahu Mentega juga menghadirkan tekstur lembut dan cita rasa gurih. Akan tetapi, dalam proses pengolahannya, Tahu Mentega tidak menggunakan susu, melainkan mengandalkan margarin yang dibumbui dengan sedikit garam.

Secara harga, satu paket Tahu Susu dijual dengan harga Rp25.000. Sementara Tahu Mentega dapat dibeli dengan harga Rp30.000 saja. Harga yang terjangkau, bukan?

Outlet Mirip POM Bensin

Dikenal dengan nama POM Tahu Susu Lembang, singkatan dari Pusat Orang Makan, outlet ini berlokasi di Jalan Raya Lembang nomor 177. Keunikannya terletak pada desainnya yang menyerupai stasiun pengisian bahan bakar, lengkap dengan warna merah khas POM bensin. Bahkan, tersedia layanan drive-thru yang dapat kamu temui di sini. Jadi, perhatikan dengan baik agar tidak terkecoh!

Bagi pengunjung yang ingin membeli tahu susu tanpa harus turun dari kendaraan, dapat menggunakan layanan drive-thru. Namun, tak ada larangan untuk mampir dan masuk ke dalam POM ini, di mana kamu dapat menyaksikan langsung proses pembuatan tahu susu di pabriknya.

Pemilik TSL dengan sengaja mengadopsi konsep ini dengan maksud agar para wisatawan tidak perlu menghabiskan waktu yang lama ketika membeli oleh-oleh.

Ketika memasuki kawasan kuliner TSL, suasananya akan terasa mirip dengan saat memasuki Stasiun Pengisian Bahan Bakar. Namun, di dalam kawasan ini, kamu akan menemukan tanda yang menyatakan POM Tahu.

Tersedia Beragam Kuliner Lain

Di samping menyajikan Tahu Susu dan Tahu Mentega, POM Tahu Susu Lembang juga menawarkan ragam jajanan lain. Yakni berupa keripik dan jajanan tradisional khas Bandung dan Lembang.

Kamu juga dapat mencicipi susu kedelai yang menjadi pasangan sempurna untuk menemani ngemil tahu goreng yang lembut ini!

Secara keseluruhan, POM Tahu Susu tidak hanya menghadirkan berbagai varian tahu, tetapi juga menyajikan beragam kuliner dari olahan susu lainnya dengan rasa yang tak kalah menarik untuk dicoba.

Jam Buka

Outlet Tahu Susu buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 19.00 pada hari Senin hingga Jumat, dan pukul 08.00 hingga 20.00 pada hari Sabtu dan Minggu.

Bagi para pecinta gorengan, disarankan untuk mengunjungi outlet Tahu Susu Lembang dan membawa pulang beberapa paket untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta di rumah. Namun, bagi mereka yang lebih menyukai kudapan bolu susu, disarankan juga untuk mampir ke outlet Bolu Susu Lembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *