Floating Market Lembang, Lengkap dengan Lokasi dan Harga Tiket

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang merupakan destinasi wisata terkenal di Bandung, Jawa Barat. Destinasi wisata ini seringkali menjadi tujuan masyarakat sekitar.

Tempat ini menawarkan beragam kegiatan rekreasi. Mulai dari petualangan kuliner di pasar terapung, eksplorasi alam, aktivitas air, hingga berbagai wahana permainan.

Floating Market Lembang
Instagram @floating.market.lembang

Floating Market Lembang, Bandung

Lembang Bandung dikenal dengan pesona pegunungan yang memberikan udara segar dan sejuk. Kawasan ini menyajikan beragam tempat wisata, mulai dari kebun strawberry, peternakan sapi, pacuan kuda, hingga Floating Market yang belakangan ini menjadi destinasi ramai dikunjungi.

Destinasi yang unik ini merupakan inovasi pertama di Jawa Barat, yang berhasil menarik perhatian banyak wisatawan yang datang ke Lembang, Bandung. Keunikan tempat ini terletak pada konsepnya sebagai sarana rekreasi, yakni Floating Market di Lembang Bandung.

Konsep ini menghadirkan pengalaman mirip pasar terapung tradisional, seperti yang terdapat di Langkat, Sumatera Utara, atau Sungai Kuin di Kalimantan. Udara sejuk dan pemandangan pegunungan memukau membuat area wisata ini menjadi tempat yang sangat menarik.

Floating Market tidak hanya menawarkan pengalaman kuliner, tetapi juga menyediakan area wisata edukasi dan arena bermain.

Lokasi

Floating Market berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kab. Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Floating Market Lembang di floatingmarketlembang.id atau melalui akun Instagram resmi @floating.market.lembang.

Jika memerlukan bantuan atau pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Floating Market melalui nomor kontak 0813-9916-9000 atau 0878-2388-4888.

Akses ke Floating Market di Lembang

Jika berencana mengunjungi Floating Market, Anda memiliki opsi menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jalur yang dapat diambil melibatkan rute seperti Cipaganti, Setiabudhi, Ledeng, dan Lembang, sementara dari Subang dapat ditempuh melalui Ciater.

Bagi mereka yang memilih kendaraan umum, angkutan dari Bandung dapat diakses melalui rute angkot Stasiun Bandung – Lembang dan Ciroyom – Lembang. Penting untuk diperhatikan bahwa sebaiknya pergi lebih awal karena rute Lembang – Bandung cenderung mengalami kemacetan terutama menjelang siang hari.

Waktu Operasional Wisata Floating Market

Floating Market beroperasi setiap hari mulai Senin hingga Minggu. Namun, terdapat perbedaan dalam jam operasional antara hari kerja (weekday) dan akhir pekan atau hari libur (weekend).

Berikut adalah jadwal operasionalnya:

  • Hari Senin-Jumat (Weekday): 09.00-18.00 WIB
  • Hari Sabtu-Minggu (Weekend): 08.00-19.00 WIB.

Biaya Masuk ke Wisata Floating Market

Agar dapat menikmati area Floating Market Lembang, ternyata harganya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 15.000 per orang. Terdapat tambahan tiket masuk untuk mobil sebesar Rp 30.000 atau motor sebesar Rp 5.000.

Hal menariknya, meskipun Anda perlu membayar biaya parkir, tiket tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai minuman. Seperti lemon tea, kopi, atau coklat panas yang disediakan pengelola.

Aktivitas yang Tersedia di Floating Market

Berikut ini adalah beberapa wahana atau spot menarik yang ada di Floating Market:

1. Kota Mini

Salah satu destinasi terbaru di Floating Market ini menawarkan konsep yang menarik. Pengunjung dapat menjelajahi kawasan yang didesain mirip Eropa, lengkap dengan kantor polisi, kafe, baby care, dan fasilitas lainnya.

Selain itu, Kota Mini dipenuhi dengan bunga-bunga dan tanaman hijau, menciptakan lingkungan yang asri dan sejuk. Keunikan lainnya adalah para pegawai di sana mengenakan pakaian adat negara-negara di Eropa.

Untuk mengakses area ini, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000, selain tiket masuk.

2. Taman Angsa

Berkunjung ke Taman Angsa bersama anak-anak adalah pilihan yang sangat tepat, karena terdapat peternakan angsa. Di taman ini, Anda dapat berfoto dan memberi makan kepada unggas putih tersebut. Namun, penting untuk tetap mengawasi anak-anak karena terkadang angsa bisa mematuk jika merasa marah.

3. Berbelanja di Food Court Terapung

Sesuai dengan konsep tempat ini, jika Anda tertarik merasakan pengalaman unik berbelanja di atas air, disarankan untuk mengunjungi pada akhir pekan. Transaksi yang dilakukan di atas perahu hanya dapat dilakukan menggunakan koin yang telah ditukarkan sebelumnya.

Selain itu, di sepanjang tepi danau terdapat dermaga yang menjual berbagai makanan yang dapat dinikmati bersama keluarga atau teman. Terdapat area duduk yang telah disediakan oleh pengelola.

4. Taman Kelinci

Selain itu, Floating Market Lembang juga memiliki Taman Kelinci. Tempat kelinci dijadikan hewan peliharaan yang menjadi teman bermain bagi anak-anak. Dengan membayar tiket tambahan sebesar Rp 20.000, pengunjung dapat memberi makan kelinci, bermain dengannya, dan mengabadikan momen dengan berfoto.

5. Kyotoku

Jika Anda menginginkan pengalaman berdandan ala gadis Jepang dengan kimono dan payung khasnya, sembari menikmati pemandangan indah danau. Sehingga, Anda tidak perlu pergi jauh ke Jepang. Cukup kunjungi Kyotoku, salah satu atraksi terbaru di Floating Market. Untuk menyewa kostum, harganya mulai dari Rp 75.000.

6. Rainbow Garden

Dengan luas mencapai 1 hektar, Rainbow Garden menawarkan keindahan kebun bunga berwarna-warni yang menyerupai pelangi. Sebanyak 80% dari 100 jenis bunga tumbuh di sini adalah bunga yang dapat dikonsumsi (edible flowers).

Selain menampilkan beragam bunga berwarna-warni, Rainbow Garden juga menyajikan berbagai jenis tanaman lain, termasuk dedaunan dan kaktus. Selama kunjungan, Anda juga dapat membeli tanaman organik yang masih dalam proses budidaya atau yang sudah mekar. Untuk menikmati pesona Rainbow Garden, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000.

Selain 5 aktivitas seru tersebut, Anda dan keluarga masih bisa bermain di wahana air seperti menyewa sampan maupun sepeda air. Bahkan, bagian belakang Floating Market Lembang juga terdapat area pedesaan tradisional ala Kota Bandung, yakni Kampung Leuit. Tersedia juga saung yang ada di tengah sawah untuk melengkapi nuansa eksotis pedesaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *